Bagaimana Orang Mengukur Luas Wilayah Indonesia ?

Indonesia

Kulo Yusril • Yosh temen-temen kali ini saya akan membahas sesuatu yang mungkin saja sudah umum di masyarakat indonesia. Yaitu seberapa luas negara kita ini.

Setiap kali kita mudik ke kampung halaman terkadang kita suka kesel karena engga sampai-sampai. Dan Kita pun jadi sadar kalau Indonesia itu ternyata luas banget.

Kalau dibayangin, luas Indonesia baik itu daratannya maupun lautannya, luasnya bahkan bisa menutupi setengah daratan di benua Eropa.

Tapi kalo dipikir-pikir, sebenernya gimana caranya orang-orang tahu berapa luas Indonesia? Apakah pakai meteran yang sama di gunakan buat ngukur luas rumah kita?



Jawabannya: dengan bikin peta!

peta

Katakan Peta.!!

Bukan, bukan peta miliknya si dora the exploler, tapi ini peta beneran.!

Nah, peta yang biasa kita lihat ini ternyata ngga dibikin menggunakan meteran yang biasa buat mengukur rumah kita, tapi menggunakan alat yang biasa kita lihat di jalan seperti ini

planimeter

atau untuk skala yang lebih besar, bisa pake satelit observasi.

satelit observasi kulo yusril

Tapi kita mesti ingat ternyata selain daratan yang rata tapi ada juga lembah, bukit, sampai gunung yang bentuknya enggak datar.

Maka dari itu terdapat ilmu proyeksi yang bisa memetakan titik-titik di muka bumi dan kemudian menghitung berapa luas bidangnya.


Namun sebenarnya, zaman dahulu sudah ada juga, sejak dari zaman dulu, peta Indonesia sudah banyak yang bikin.

Tapi dari semua peta yang di bikin itu, muncul satu permasalahan besar yang sebagian orang jarang yang mengetahuinya!

Ternyata, meskipun banyak peta yang sudah dibuat, namun memiliki ukuran luas yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Ya! Mungkin bagi beberapa orang hal ini bukan merupakan masalah yang cukup besar, karena hanya beda berapa meter saja.

Tapi ternyata, ini merupakan masalah yang bisa di bilang besar yang bisa mengakibatkan banyak konflik, seperti rebutan lahan, perizinan bangunan yang engga jelas, sampai perencanaan transportasi publik yang acak-acakan.

Dan semua itu cuma gara-gara perbedaan hitungan peta kita.


Maka dari itu sekarang sudah ada kebijakan yang di buat oleh pemerintah Indonesia untuk menyamakan penghitungan luas dan akurasi dari peta Indonesia.

Jadi, orang tidak akan lagi berantem hanya gara-gara tiap orang mempunyai versi petanya sendiri-sendiri.

Dari peta yang jadi satu ini juga, kita jadi tahu betapa banyak potensi kekayaan alam kita, luasnya negara kita, dan bisa menjadi dasar buat merancang kebijakan yang bisa membuat negara kita makin makmur dan tentram, kan enak jadinya.


Meskipun menghitungnya itu ribet banget dan memakan waktu yang lama, peta Indonesia mesti tetep dibikin.

Biar tidak hanya tanah air, bangsa, dan bahasa aja yang satu kesatuan, tapi juga petanya juga satu. Dan seperti biasa, terima kasih dan sampai jumpa.

Referensi : kok bisa

Share this

Related Posts

Next
« Prev
Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar